Saturday, September 5, 2015

Project 1 Warnet - Setting Billing Client

Assalamu'alaikum

Selamat malam, salam pengetahuan bagi kita semua. Semoga do'a dan manfaat kita semua akan menjadi berkah bagi semuanya. Seperti biasa, saya yang kurang kerjaan ingin berbagi lagi sedikit pengetahuan yang saya dapatkan. Walaupun sedikit, ditambah sedikit lama-lama jadi bukit.
 
Malam hari ini saya ingin melanjutkan project pertama saya tentang warnet. Dimana disini saya akan membahas materi setting billing pada client. Jika sebelumnya kita sudah menyetting billing pada server atau sebut saja operator. Maka, tinggal disisi clientnya saja yang perlu disetting. 

Pendahuluan

Langsung saja, kita mulai konfigurasi billing pada clientnya. Namun, sebelum itu kalian harus memiliki aplikasi billing explorer untuk clientnya. Untuk aplikasi sebelumnya sudah saya sediakan, namun bagi yang ingin mencobanya lagi atau aplikasi hilang, bisa mengklik pada link berikut ini

Instalasi Aplikasi Billing Explorer Client

Seperti biasa, aplikasi billing yang sudah diberikan diinstall dulu pada sisi clientnya. Programnya, adalah Gsetup atau setup yang berada pada folder client ya guys.


Ikuti saja langkah-langkah instalasi seperti yang biasa dilakukan ketika menginstall aplikasi-aplikasi pada umumnya.

Tampilan Billing Client

Jika instalasi sudah selesai, maka kita buka programnya. Nama program billing clientnya adalah client008 biasanya ada pada start menu windows. Dan untuk menjalankannya gunakan run as administrator. Maka, windows seketika akan berpindah mode menjadi billing client. Dan berikut contoh tampilan dari billing client.
 
Ketika berpindah mode, biasanya akan muncul tampilan setup client yang memungkinkan kita untuk mengkonfigurasi operator mana yang ingin di koneksikan. Dalam pilihan tertera address dan nomor client. Untuk address isikan address operator dan nomor clientnya sesuai dengan keinginan.

Setting Billing Client

Sebelum billing client bisa digunakan dan dimainkan, terlebih dahulu billing harus dikonfigurasi. Kenapa begitu? faktornya, tampilan paket belum muncul, personal pun belum bisa login, dll. Untuk mengkonfigurasinya bisa klik pada menu admin #7. Lalu masukan login default yang sudah diketahui (user : admin, pass : 008). Lalu klik ok.


Jika sudah, kita klik bagian setting. Lalu pada tampilan setting, masukan address dari operator dengan nomor client bebas dan port address yang tersetting pada operator (sudah dijelaskan di postingan sebelumnya). Secara default, port address bernomorkan 1500. Dan juga jangan lupa untuk menceklist fitur billing client yang ingin digunakan seperti setting paket. Setelah itu save. 

Note : Jika client belum disetting address atau menon-aktifkan firewall sebelumnya menginstall. Jangan harap client bisa terkoneksi dengan operator. Jadi, pastikan client sudah tersetting address dan termatikan firewallnya. 

Note 2 : Untuk keluar dari mode billing client kalian bisa mengklik "exit client dan password seperti yang terlihat di gambar bawah berikut ini.
 

Jika sudah terhubung, biasanya pemilihan paket sudah tertera pada menu billing client. Jika sudah, coba klik pada paket dan gunakan paket yang diinginkan untuk mencoba. Untuk username gunakan terserah, namun untuk passnya gunakan password yang disetting pada operatornya (sudah dijelaskan dipostingan lalu) setelah itu, klik ok untuk menuju mode desktop dengan billing berjalan.


Berikut contoh tampilan dari dekstop win7 yang dinstall billing client yang diarahkan ke billing operator. Sehingga terdapat batas penggunaan dekstop untuk pemakaian billingnya. Kalian juga bisa mengklik stop untuk langsung memberhentikan billing sebelum batas waktu yang ditentukan.
 

Operator Monitoring Client

Jika client sedang log on atau log off, pada operator akan terdetaksi apakah client sedang aktif atau tidak. Jika aktif, tampilan client biasanya akan berwarna hijau dan sedang nonaktif client akan berwarna merah.
 


Demikianlah penjelasan singkat, dan padat ini. Semoga bermanfaat untuk anda dan semoga berhasil mempraktekannya. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan taro aja di komentar. Terima kasih.. Untuk link berikutnya tentang upload image ke server diskless klik disini..

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment