Monday, November 20, 2017

Menambahkan Interface Virtual Loopback Pada Windows

Assalamu'alaikum

Selamat siang, salam networking. Selamat berjumpa lagi dengan mimin yang tamvan. Melenceng sedikit dari target material kita, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang bagaimana cara mengkonfigurasi interface loopback pada windows. Tepatnya sih di windows 10 kalo yang mimin konfigurasi. Tapi ngga menutup kemungkinan untuk pengguna windows 7, windows 8 untuk mencobanya.

Knowing Loopback

Sedikit penjelasan mengenai loopback berdasarkan sedikitnya pengetahuan saya :v, loopback adalah sebuah virtual interface atau sering disebut interface loopback yang bisa digunakan oleh device yang berada dalam suatu jaringan. Tentu saja, interface virtual ini bisa diisikan ip address yang tentu saja ip address virtual juga. 

Interface loopback sering digunakan dalam materi routing seperti materi routing yang pernah kita bahas sebelumnya. Loopback sering digunakan sebagai address yang menandakan identitas device, identitas diri sendiri dan juga sering disebut sebagai address 127.0.0.1. Dan juga loopback bisa digunakan sebagai virtual interface sebanyak apapun yang kita inginkan. 

Selain itu jika kita membahas loopback pada windows, loopback tersebut bisa dikombinasikan pada simulator seperti gns3 atau virtualbox. Dan tentunya akan sangat membantu kalian untuk mempelajari jaringan internet dengan menggunakan metode virtualisasi atau sering saya sebut hemat energi :v. Dan karena hal tersebut, saya berencana untuk membahas artikel ini.



Menambahkan Interface Loopback

Untuk menambahkan interface loopback, sebenarnya sangat mudah sekali. Kalian bisa menemukan 1000 cara atau kurang, yang bisa ditemukan oleh mbah google. termasuk saya yang kebetulan baru membahas materi ini :v. Untuk menambahkan interface loopback pada kolom search windows kalian bisa melakukan search hdwwiz. Pastika penulisannya benar ya, bukan HDD gaes. 

Setelah itu pop up akan muncul, untuk melakukan penambahan hardware wizard. Pada step ini next, saja.
 

Setelah itu pilih opsi install secara otomatis, lalu next.
 

Step step sebelumnya diskip saja, hingga ke tahap ini. Di tahap ini, kalian pilih pada hardware tipe network adapters. Di tipe ini kalian akan bisa memilih banyak opsi network tools hardware yang bisa kita gunakan.


Untuk loopback sendiri, kalian bisa menemukannya pada microsoft, tepatnya model Microsoft KM-Test Loopback Adapter. Beberapa tipe windows, kadang berbeda namanya, intinya cari nama loopback saja pada add hardwarenya.
 

Lalu loopback yang sudah dipilih tadi, tinggal di install saja. Klik next untuk melanjutkan.
 

Setelah selesai diinstall klik finish untuk menuntaskan wizardnya.
 
Ditahap akhir, kalian bisa melihat pada network and sharing center. Disana terlihat interface kalian akan bertambah dengan interface loopback yang baru. Dengan demikian interface ini nantinya akan bisa digunakan untuk gns3 atau virtualbox yang akan saya bahas pada artikel yang berbeda.
 

Sekedar catatan, ketika interface loopback diaktifkan. Beberapa fungsi akan mengalami gangguan. Hal ini dikarenakan interface dan asli akan di bentrokan dengan interface virtual loopback tersebut. Sebagai contoh, fail remote akses routerOS via mac address. Untuk mencegah hal tersebut, kalian bisa mendisable interface loopbacknya sewaktu waktu ketika kalian tidak membutuhkannya. 

Update Video

Untuk lebih jelasnya saya juga menyediakan video berikut, cara setup atau install mikrotik di fitur qemu GNS3 sampai bisa di remote winbox via loopback windows.



Demikian penjelasan mengenai penambahan interface loopback pada windows atau PC. Semoga membantu. Saran dan pertanyaan bisa letakkan di komentar. Sekian dari saya, terima kasih sudah berkunjung. Salam networking.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment