Monday, July 31, 2017

Lab 44 MikroTik - PPTP Tunnel

Assalamu'alaikum

Selamat pagi, salam networking. Pada senin pagi ini kita akan melanjutkan material tentang tunnel jaringan yaitu pptp. Berbeda dari lab sebelumnya, tunnel ini menyediakan layanan yang menjadi palayanan tunnelnya dan perangkat lain hanya tinggal mengaksesnya. Router yang menyediakan layanan tunnel ini secara otomatis menyediakan address khusus untuk digunakan oleh pengakses. Sehingga perangkat yang terhubung ke internet, perangkat tersebut tinggal memasukan address public dari si penyedia tunnel tersebut. Berikut topologynya.



Topology

Pada topology bisa terlihat, disini R1 menyediakan layanan tunnel. Dia menyediakan address bagi yang ingin mengaksesnya dan address jika dia sudah diakses. Disaat R1 dan R2 terhubung ke internet, R2 yang ingin mengakses tunnel R1 tinggal memasukan address publik si R1 (192.168.1.1). Maka saat sudah terhubung, terowongan PPTP tunnel akan terbuka dan address yang disedikan oleh penyedia tunnel akan digunakan. Dengan adanya address tunnel ini, antara si pengguna dan penyedia bisa saling berkomunikasi dan bisa saling kirim paket data.

Note : untuk menjalankan simulasi, disini kita akan menggunakan wifi sebagai jaringan publik sebagai contoh saja.

Konfigurasi PPTP Antar Router

Langsung saja, untuk mengkonfigurasi koneksikan kedua router ke internet terlebih dahulu. Setelah itu setting address agar router benar-benar terkoneksi ke internet. Lanjut, kita setting PPTPnya. Pertama buka menu ppp. Pada tab interface terdapat layanan pptp server. Layanan tersebut kita enablekan (kita aktifkan) lalu apply.


Setelah itu, kita buka pada tab secrets. Secrets ini biasa digunakan oleh penyedia layanan tunnel untuk mengkonfigurasi cara mengakses layanan tunnel kita oleh pengguna tunnel. Disini kita bisa menambahkan Nama dan password untuk login tunnel. Disni juga penyedia tunnel menyetting address yang akan disediakan jika tunnel telah terhubung/terkoneksi. Untuk addressnya sendiri, kita dapat menggunakan address berapa saja. Karena address ini nantinya akan digunakan jika tunnel akan terwujud. 


Lanjut, pada R2 atau pengakses tunnel pptp bisa mengakses R1 dengan cara membuat interface PPTP client.


Masih di pembuatan interface, pada tab dial out, kita masukan connect to-nya adalah ip publik si R1. Dan juga masukan user dan password login yang disetting pada R1 tadi.


Jika sudah terhubung pada interface tersebut statusnya akan bertuliskan connected yang berarti terhubung. Setelah itu kita cek pada ip addressnya. Maka akan ada address yang tersetting secara dynamic pada address list. Address tersebut mengarah ke interface yang disetting tadi. Jika dilihat-lihat address tersebut adalah address yang disediakan oleh penyedia layanan tunnel.  Jika seperti itu, kita coba cek test ping ke arah address tunnel R1. Maka proses pengiriman ping akan berhasil dilakukan.

Konfigurasi PPTP Client Di Windows

Beda lagi jika client yang ingin terhubung ke R1 (router penyedia layanan tunnel). Biasanya ada juga client yang ingin terhubung pada tunnel kita, karena itu ada PPP secret bisa kita tambahkan rule lagi dengan remote address yang berbeda. agar address tersebut yang nantinya akan digunakan client untuk terhubung. Untuk topology bisa dilihat kembali pada topology simulasi diatas.
Untuk menyetting PPTP Client pada PC bisa pada network and sharing center di control panel. Lalu klik pada “set up new connection” (membuat koneksi baru). Lalu pilih pilihan connect to a work place (mengkoneksikan ke jaringan VPN : PPTP Server si router1).
 

Karena kita baru membuat koneksi baru, maka ceklist pada no (untuk membuat koneksi baru).


Lalu pilih yang VPN. Karena kita ingin mengakses R1 yang menyediakan tunnel PPTP.


Lalu kita masukan address public si Router1. Disini saya memberi nama jaringannya, VPN Connection.


Jangan lupa diisikan user password vpnnya agar autentikasi antar PPTP dapat terhubung. User dan password disesuaikan di PPTP server pada settingan sebelumya.
 
Untuk melihat ip yang telah terkoneksi, bisa kita lihat pada jaringan VPN Connection tersebut dan kita klik detail. Dan kita juga bisa melakukan pengiriman pesan ping ke address tunnel si router1.


Demikian penjelasan mengenai PPTP Tunnel di mikrotik. Semoga bermanfaat untuk kawan kawan. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan bisa diletakkan di kolom komentar. Sampai jumpa pada postingan berikutnya, salam networking.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment