Wednesday, May 10, 2017

Lab 41 MikroTik - Walled Garden

Assalamu'alaikum

Selamat pagi, salam networking. Kembali lagi bersama saya, masih membahas masalah yang sama yaitu tentang melewati proses autentikasi hotspot atau kita sebut bypass.

Walled Garden

Kalau sebelumnya kita membahas ip binding dimana yang dibypass adalah ip lokal atau jaringan lokal. Tidak terlalu berbeda, pada walled garden kita bisa membypass jaringan luar (publik) sehingga website, koneksi ftp, dns, atau ip lainnya bisa kita arahkan agar tidak memerlukan autentikasi.

Konfigurasi Walled Garden

Untuk mengkonfigurasi walled garden, langsung saja, dibuka menu walled garden pada menu hotspot. Lalu kita tambahkan rulenya. Disini saya ingin mencoba bypass blog saya sendiri. Sehingga disini yang kita isikan adalah hostnya langsung. Untuk portnya isi saja 80 (koneksi web). Dan pastinya pada server hotspot yang digunakan (hotspot1) dengan action allow.

Note : Kita juga bisa mengarahkan beberapa user saja yang bisa mengakses website tersebut dengan mengisi kolom scr addressnya sesuai dengan ip si user tersebut.


Dibawah ini beberapa sudah saya tambahkan contoh list yang saya izinkan untuk langsung akses tanpa menggunakan login hotspot.
 

Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut bahwa website yang sudah di tambahkan di walled garden dengan action allow, maka akan di lewati tanpa login hotspot. 
 

Walled Garden IP List

Di fitur mikrotik ini, walled garden hanya bisa membypass akses ke host tertentu. Adakalanya kita harus menggunakan ip karena dalam beberapa kasus website yang dibypass berdasarkan host, rule nya tidak berjalan. Selain karena faktor kekurangan tersebut, kita juga membutuhkan koneksi ip tertentu yang tidak memiliki dns dan mungkin bisa pada port tertentu. Karena hal tersebut fitur walled garden ip list ada.

Untuk mengkonfigurasinya, langsung saja kita buka menu walled garden pada menu hotspot. Lalu coba tambahkan rule, tambahkan dst address yang kita ingin bypass. Dalam kasus ini, saya coba bypass website detik.com dimana ip nya seperti gambar berikut.


Selanjutnya, jika walled garden ip list sudah dikonfigurasi, maka rule tersebut akan masuk secara dynamic pada menu walled garden. Dan tentu saja, website detik akan langsung bisa diakses tanpa melakukan proses autentikasi hotspot.


Demikian penjalasan mengenai walled garden dan efeknya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan letakan di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung, salam networking.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment