Wednesday, May 10, 2017

Lab 40 MikroTik - IP Bindings

Assalamu'alaikum

Selamat pagi, salam networking. Hari ini kita akan membahas sedikit tentang lanjutan materi hotspot pada lab sebelumnya. Seperti yang kita tau, hotspot itu bisa kita management atau kita konfigurasi sesuai keinginan kita. Jika sebelumnya kita mempelajari dasar management user hotspot. Sekarang kita akan mempelajari fitur ip binding pada hotspot ini. Lanjut!!

IP Binding

Ip bindings adalah suatu metode untuk tipe akses yang diberikan kepada pengguna hotspot. Salah satu konfigurasinya yaitu membypass (membiarkan lewat). Pada lab kali ini kita akan menggunakan tipe membypass tersebut. Jadi, ibaratnya seperti mengizinkan client agar dapat mengakses hotspot tanpa perlu proses authentikasi.

Selain bypass, ada 2 opsi lainnya untuk ip binding ini sehingga terdapat 3 parameter yang bisa kita terapkan yaitu :
  • Blocked : Memblokir mac atau ip tertentu pada pool hotspot
  • Bypass : Melewati proses autentikasi pada mac dan ip yang didaftarkan
  • Regular : Untuk type ini, mac yang di daftarkan tetap melakukan proses autentikasi seperti biasa.

Konfigurasi IP Binding

Untuk memulai konfigurasi siapkan router mikrotik, lalu masuk ke menu IP > Hotspot. Di menu hotspot pilih tab menu ip bindings. Karena kita ingin mengimplementasikan untuk membypass salah satu ip. Maka tambahkan rule nya dengan type bypass dengan ip user yang ingin di bypass. 

Selain itu pada rule ip bindings ini, kita bisa menambahkan aktif mac address sebagai mac device yang di binding tersebut.


Selain menggunakan cara statik diatas (menambahkan user per ip/mac), kita bisa menggunakan cara yang lebih simpel untuk membinding host tertentu. Yaitu pada host yang connected (di menu hosts), kita klik lalu make binding.

User yang di binding, tidak perlu lagi login hotspot. Karena itu akses ke login page mikrotik yang biasa dilakukan di web browser tidak bisa diakses.
 

Yang di binding tersebutlah yang sudah terkoneksi ke internet. Untuk mengetest nya coba buka google atau buka situs situs lainnya yang ada di internet. 
 

Demikian penjelasan mengenai ip binding. Semoga bermanfaat untuk para reader. Sekian, saya undur diri, salam networking. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di kolom komentar. Terima kasih. 

1 comment:

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment