Friday, March 17, 2017

Upgrade Unifi Firmware

Assalamu'alakum

Selamat pagi, salam opreker. Ketemu lagi dengan saya sendiri yang selalu sendiri tak ada yang menemani. Kali ini saya ingin membahas sedikit tentang upgarade firmware unifi. Masih lanjutan dari artikel yang kemarin, terkait masalah pada adopting. 


Banyak faktor terkait masalah pada adopting, apakah itu dari user dan password yang berbeda dari setelan pabrik, controller unifi dengan unifi device tidak terhubung dalam jaringan, atau juga bisa karena firmware yang masih dalam versi lawas. Kali ini lain masalahnya, wifi yang sudah kita konfigurasi tidak muncul pada list wifi. Setelah dicek demi cek si unifi device minta upgrade ke versi terbaru. Mungkin ini dimaksudkan untuk menyesuaikan versi dari controller dengan devicenya.

SSH Unifi Access

Untuk mengupgrade unifi sebenernya bisa menggunakan tombol upgrade pada controller. Namun, karena hal tertentu seperti versi yang terlalu lawas antara unifi device dengan controllernya kita harus menggunakan metode lain untuk mengupgradenya. Ya benar, metodenya menggunakan ssh. Nantinya, kita akan menggunakan perintah upgrade pada ssh tersebut sesuai panduan dari owner website, ubntnya. 

Upgrade Firmware Via Local

Untuk mengupgrade disini saya memberikan dua metode. Via local, yaitu dengan mendownload firmwarenya terlebih dahulu lalu mengupgradenya via explorer. Atau langsung upgrade via jaringan (metode ini terlebih dahulu harus mengkoneksikan ke unifi agar terhubung ke internet).

Untuk upgrade via local, kalian bisa akses lokasi folder yang nantinya akan tempat mounting controller unifi. Lokasi foldernya biasanya terletak pada folder C:\\*user*\Ubiquity Unifi\dl\firmware.


Untuk mengakses unifi via ssh kita bisa menggunakan software putty. Karena disini saya ingin mencoba upgrade via local, maka otomatis antara unifi device dengan controller (pc saya) langsung terhubung secara peer to peer via adaptor PoE. Akses menggunakan ip default dengan port ssh. Ketika terhubung, login sebagai user ubnt dengan password ubnt.

Unifi ini menggunakan busybox sebagai sistem operasinya. Untuk mengetahui informasi device unifi yang kita remote, kita bisa gunakan perintah info.


Sebelum upgrade via local, terlebih dahulu download firmware unifi sesuai dengan unifi yang kalian gunakan. Kalian bisa mendownloadnya pada link berikut.


Jika sudah di download, letakan saja file yang di download tadi pada salah satu firmware yang saya tunjukan sebelumnya. Lalu ubah nama file tersebut menjadi firmware.bin.


Setelah itu, upgrade saja unifinya menggunakan perintah upgrade. Lalu akses ip controller beserta port file mountingnya dan jangan lupa lokasi folder disesuaikan.

Upgrade Firmware Via Internet

Kalo merasa ribet dengan metode pertama, kita harus mendownload firmware terlebih dahulu lalu diarahkan kefolder mountingannya. Maka ada cara kedua yang mungkin bisa menarik minat anda. Ya, walaupun metode kedua tidak berbeda ribetnya dengan metode pertama.

Syarat upgrade via internet adalah, pastikan unifi anda sudah bisa konek internet (sudah bisa ping google). Dan kekurangan yang saya temukan disini adalah kita tidak bisa mengubah ip pada interface unifi walaupun sudah menggunakan ssh (mungkin dikarenakan ip unifi sudah tersetup di controllernya). Namun, disini kita masih bisa setting dns dan route :D.

Mengkoneksikan Unifi Ke Internet

Disini kita berakal saja ingin menyeting jaringannya seperti apa. Apakah langsung direct internet lewat router dengan menggunakan network si ip default unifi untuk interface yang mengarah ke unifi, atau juga bisa menggunakan vlan (jika anda menggunakan jaringan kantor dan sama sekali ip interface router tidak boleh diubah) :D. Itu semua tergantung anda sebagai admin jaringan

Bagi kalian yang kelas karyawan dan tidak memiliki router yang bisa digunakan untuk upgrade unifi dan terpaksa menggunakan router jaringan di kantor :D, maka saya sediakan sedikit tutor pada link berikut. 

Dan untuk memberikan gateway dan dns pada unifi bisa menggunakan script atau konfigurasi berikut ini. Note : ip gateway dan dns disesuaikan dengan ip router yang kalian gunakan.

route add -net default gw 192.168.1.1
echo "nameserver 192.168.1.1" > /etc/resolv.conf

Sebelum melakukan upgrade, source downloadnya disimpan dulu. Kalian bisa mendapatkan source download pada link ubnt sebelumnya pada link berikut. Disimpan source pada salah satu firmware yang ingin di download untuk meletekan pada ssh nantinya.


Jika sudah, pastekan sourcenya pada perintah setelah perintah upgrade. Tunggu proses download selesai, dan upgrade akan berhasil setelah penginstallan. Note, unifi tidak akan melakukan upgrade/gagal upgrade, jika firmware dengan device model tidak sama. 


Jika sudah diupgrade, otomatis system akan melakukan reboot. Keterangan reboot bisa seperti tampilan berikut ini.


Jika sudah selesai reboot, otomatis pada unifi controller device yang sudah teradopt, wifi yang dikonfigurasi pada unifi sudah muncul pada wifi list. Selain itu, username dan password unifi (ssh) akan mengikut user dan password panel controller. Dan terakhir, kita sudah bisa mengkonfigurasi ip si unifi :D.


Demikian cara upgrade firmware unifi, semoga bisa memudahkan anda dalam menjalankan sistem unifi. Semoga bermanfaat, sekian, saran dan pertanyaan silahkan masukan di kolom komentar. Terima kasih, salam opreker.

2 comments:

  1. Ini ada cara gampang nya bang, sapa tahu membantu
    https://www.youtube.com/edit?o=U&video_id=RuV-cjjcb4Y

    ReplyDelete
    Replies
    1. URL nya ngga ketemu bang, coba kasih url yang fixnya bang

      Delete

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment