Monday, November 28, 2016

Lab 39 MikroTik - Management User Di Hotspot

Assalamu'alaikum

Selamat pagi, masih di material yang sama yaitu tentang hotspot. Kali ini kita akan membahas management user pada hostpot itu sendiri. Seperti yang kita tau, ketika hotspot terpasang, maka akan muncul rule (perintah) dinamic hasil dari setingan hotspot tersebut. Salah satunya user hotspot. Lalu bagaimana cara memanagement user hotspot itu? Berikut materialnya.

IP Tertentu Untuk User Tertentu

Di hotspot kita juga bisa memanagement usernya. Sebagai contoh jika kita ingin salah satu user akan mendapat ip tertentu. Penasaran bukan? Langsung saja buka menu ip > hotspot. Pada tab users, kita tambahkan 3 user baru yang akan kita management.


Lalu pada user farhan kita setting agar hanya ip 10.10.10.3 yang dapat mengakses user ini. Untuk menyettingnya klik pada user farhan dan tambahkan rule addressnya. Kita juga bisa menambahkan password pada user tersebut.


Maka saat login menggunakan user farhan, ip pada login akan mendapatkan sesuai dengan setingan diatas. Namun, untuk ip selain yang disetting tidak akan bisa login.

Mac Address Tertentu Untuk User Tertentu

Management kedua, kita ingin hanya mac address tertentu saja yang dapat mengakses user tersebut. Semisal kita ingin menyetting user alfa agar hanya mac address 02:00:4C:4F:4F:50 yang dapat mengakses user alfa. Jadi sesuai konfigurasi dibawah, user alfa hanya bisa diakses oleh ip 10.10.10.2 dan mac address tersebut. 


Dengan demikian hanya user alfa hanya bisa diakses oleh kedua settingan diatas.  

User Uptime Login 

Ketiga, kita bisa menyetting batas waktu login. Bisa disetting pada tab limits. Disini saya setting batas waktu 1 menit.


Dengan demikian user alfa hanya dapat diakses selama batas waktu (limit uptime) yang telah disetting (1 menit). Pada gambar dibawah menunjukan bahwa user alfa yang dikoneksikan oleh salah satu client memilik batasan waktu yang dimana waktu tersebut terus berkurang. 

Note : untuk mengecek waktu berkurang pada tampilan hotspot, web page hotspot harus di refresh.

User Limit Upload & Download

Manage 4 : Membatasi upload dan download user hotspot. Masih di tab limits di menu hotspot. Disini saya ingin membatasi user alfa memiliki batas upload dan download yang masing-masing saya beri 500 bytes. Lalu diapply.

Maka saat salah satu client mengakses user alfa dan melewati batasan upload dan download yang telah ditentukan, maka akan muncul tampilan seperti tampilan dibawah ini. Ini menandakan user alfa yang diakses telah mencapai batasan traffic.


Demikian beberapa management yang dapat kita lakukan pada user hotspot. Untuk management ini sebenarnya masih sangat banyak. Tergantung kebutuhan dan kondisi, pada reader ingin menyettingnya seperti apa. Cukup sekian penjelasan dari saya, karena doi gasuka penjelasan yang panjang panjang. Semoga bermanfaat untuk anda. Saran dan pertanyaak bisa letakan di komentar. Sekian, salam networking.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment