Monday, November 28, 2016

Lab 38 MikroTik - Hotspot

Assalamu'alaikum

Selamat pagi, selamat tanggal tua, salam networking. Pagi ditanggal tua ini saya yang sekarat ingin berbagi material tentang hotspot. Seperti yang kita tau, biasanya hotspot sering digunakan pada tempat tempat seperti cafe, market, atau kelas tingginya biasanya RT/RW Net atau kelas karyawan pada perusahaan. Dalam lab ini, kita akan membahas cara setup hotspot dengan menggunakan wizard (otomatis). Awas, hotspot artinya bukan yang jorok jorok lho :)

Setting Hotspot

Mulai masuk hotspot nih, kenal hotspot ga? Hotspot adalah layanan yang diberikan kepada client untuk mengakses internet. Namun disaat client ingin mengakses internet, client tersebut harus melalui proses authentifikas bahwa client tersebut terdaftar di salah satu user hotspot. Hotspot juga bisa disetting di semua interface.

Topology

Hotspot bisa dimangement, diberikan batas waktu untuk login (time based) dan diberikan batas upload dan download (volume based). Dengan inilah saya mulai materi hotspot saya. Berikut topologynya. Pada topology di ether yang terhubung ke arah client (ether2). Disetting hotspot, dengan begini agar client dapat terhubung ke internet, client-client tersebut harus melewati proses authetikasi.
 

Konfigurasi Hotspot

Untuk menyetting hotspot langsung saja buka menu Ip > Hotspot. Lalu klik pada hotspot setup, untuk membuat hotspotnya. Ingat, ether2 harus disetting ip dulu. 


Ikuti langkah-langkah berikutnya, tapi ingat setting hostpotnya pada interface ether2.


Maka saat kita hendak membuka google.com, kita akan terlebih dahulu teredirect ke arah hostpot login. Login sebagai user yang dibuat saat pembuatan hotspot diatas.


Dengan begitu, setelah login akan ada tampilan selamat datang user admin. Ini menandakan bahwa user admin sudah terkoneksi ke hotspot.  

Pengecekkan

Bisa dibedakan, saat kita sebelum login hotspot dengan setelah login hotspot. Setelah login maka otomatis client yang sudah terauthentifikasi bisa menikmati akses internet. Sebagai contoh mengakses google.com.

Hotspot Pada Wireless 

Kita juga bisa menyetting hotspot untuk interface wlan. Hotspot biasanya sering disetting pada jaringan wireless. Berikut topologynya. Namun ip pada wlan1 nya sudah harus tersetting, dan saat pembuatan hotspot, interface yang akan disetting hotspotnya adalah wlan1.


Demikian penjelasan singkat cara setup hotspot pada mikrotik. Semoga bermanfaat sekaligus memudahkan anda dalam memulai pembuatan jaringan. Sekian dari saya, saya admin undur diri, saran dan pertanyaan silahkan letakkan di kolom komentar. Terima kasih, salam networking.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment