Friday, November 11, 2016

Lab 35 MikroTik - Memblokir Akses Di Internet Menggunakan Proxy

Assalamu'alaikum

Selamat siang disela sela kerjaan, salam networking. Sudah tidak lama kita membahas mikrotik. Termasuk di lab sebelumya yang masih berkaitan dengan bab yang sama yaitu proxy. Kali ini kita akan coba memblokir salah satu situs di internet menggunakan proxy. Penasaran? Langsung saja, check this out!!

Filtering Dengan Proxy

Salah satu fungsi proxy yang sudah saya katakan sebelumnya adalah filtering, filtering disini adalah memfilter boleh tidaknya paket-paket data yang melewati server proxy. Kita disini akan memfilter beberapa situs yang tidak boleh lewat. Disini kita akan memblokir situs detik.com misal. Dalam lab ini masih seperti lab-lab proxy sebelumnya menggunakan transparent proxy. 

Langsung saja untuk mengkonfigurasi pastikan transparent proxy sudah tersetting sepert lab sebelumnya, dan kita akan langsung menuju konfigurasi. Buka menu Ip > Proxy. Lalu klik pada access. Dan kita tambahkan rule untuk accessnya. Yang kita tambahkan adalah dst-host untuk nama situsnya dengan action deny untuk menolak.

Pengecekkan

Sehingga saat kita hendak membuka situs detik.com akan muncul tampilan seperti dibawah ini, ini menandakan paket yang menuju detik.com akan ditolak oleh server proxy.
 
Dan begitulah cara blokir akses lewat proxy. Semoga bermanfaat untuk anda. Dan semoga materi ini mudah dicerna. Sekian dari saya, saya admin undur diri. Saran dan pertanyaan silahkan letakan di komentar. Terima kasih. Salam networking.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment