Friday, October 28, 2016

Lab 34 MikroTik - Transparent Proxy

Assalamu'alaikum

Selamat pagi, salam networking. Masih bertemu dengan dengan saya si admin jones yang kerjaannya ngeblog untuk sharing beberapa ilmu yang saya miliki. Walaupun ad sense ga ketima, tapi aku bahagia kok selama masih ada yang mau mencari ilmu dari saya :'). Lanjut, hari ini kita akan full bahas proxy pada mikrotik. Sebelumnya, kita sudah membahas teknis dasar untuk web proxy pada mikrotik, lanjut di materi berikut adalah transparent proxy, check this out!!.

Transparent Proxy

Bicara soal transparent, sebelumnya pada bab firewal kita sudah membahas transparent dns. Tidak jauh berbeda dengan transparent dns, transparent proxy digunakan agar memaksa client untuk menggunakan proxy milik mikrotik. Sehingga bisa diartikan paket data yang lewat dialihkan ke arah proxy. Bicara soal megalihkan paket data ini termasuk mengendalikan paket data. Tugas siapa yang mengendalikan paket data?

Ya, firewall. Disinilah firewall dibutuhkan. Untuk lebih jelas dapat melihat topology dibawah ini. Paket data yang berasal dari client akan menuju internet, maka paket data tersebut akan melalui firewall yang telah tersetting pengalihan kearah proxy. Dan proxy yang mewakili si paket client agar sampai ke internet.
 

Konfigurasi Transparent Proxy

Lab ini masih kelanjutan dari lab sebelumnya, jadi untuk memulai pengalihan kearah server proxy, server proxynya harus di setting terlebih dahulu. Gunakan lab sebelumnya untuk menyetting proxynya. Setelah di setting, kita tambahkan pengalihannya. Berikut link post before Web Proxy

Yang kita alihkan ke server proxy hanya web server, jadi hanya web server yang akan tercaching (tersimpan) pada server proxy. Gunakan dstnat dengan portnya webserver dengan action redirect (pengalihan) ke port 8080 (proxy). 

Kita juga bisa melihat aktifitas dari si client, caranya buka menu Ip > proxy pada tab status klik ci connections. 


Setelah di setting pengalihannya, kita langsung mencoba membuka ip yang tidak ada pemiliknya. Kita tidak perlu lagi mengatur proxy pada web browser kita.

Note : Settingan firewall yang digunakan adalah NAT lagi. Jika sebelumnya pada lab transparent dns action yang diberikan adalah “dst-nat” Settingan yang digunakan sekarang adalah “redirect”. Fungsinya tidak jauh berbeda, namun redirect hanya pengalihan suatu port. Jika dst-nat adalah pengalihan ke address mana mau dialihkan. 

Demikian penjelasan mengenai transparent proxy, semoga ad sense keterima, eh salah.. semoga anda mengerti :) dan semoga bermanfaat untuk anda. Sekian, saya admin undur diri, saran dan pertanyaan bisa diletakkan di komentar. Terima kasih sudah berkunjung, datang lain kali. Salam Networking.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment