Monday, October 3, 2016

Lab 28 MikroTik - Virtual Access Point

Assalamu'alaikum

Selamat pagi, salam networking. Pagi ini saya ingin mengajak reader kembali mengkaji materi materi networking pada MikroTik. Masih dalam bab wireless, pada materi kali ini kita akan belajar tentang virtual access point. Dilihat dari namanya virtual ini berarti tampak tidak nyata, maksudnya gimana loh? langsung dibahas ini dia...

Knowing About Virtual Access Point

Virtual access point adalah suatu metode untuk memperbanyak interface wireless pada interface wlan. Namun, semua interface VAP tetap dari satu interface induk (wlan). Ini bisa seperti interface wlan yang dipecah-pecah menjadi beberapa interface. Konsep ini sama seperti konsep dari vlan (virtual lan). Apa itu vlan (tidak masuk lab kali ini lebih baik cari sendiri).

Karena itulah interface wlan dapat ditambah lagi interface bawahnya yaitu VAP (virtual access point). Namun penambahan interface baru di interface wlan ini memiliki batas. Batas pembuatan VAP hanya 128 VAP. VAP bisa disetting dengan SSID dan pengamanan yang berbeda dari si interface wlan. Namun, band dan frekuensi pada VAP mengikuti interface wlan. VAP akan aktif jika interface wlan diaktifkan menjadi akses point.

Konfigurasi Virtual Access Point

Pengaplikasian VAP ini bisa dilakukan pada suatu jaringan sekolah. Contoh ketika ada murid dan guru yang butuh koneksi internet. Maka router akan membuat 2 interface baru yaitu interface VAP untuk guru dan untuk murid. Untuk membuat VAP, kita masuk menu wireless dan pada tab interface klik new interface. Dan pilih interfacenya yang virtual ap


Lalu buat nama untuk nama di interface wireless. Lalu pada tab wirelessnya isikan SSID yang bertujuan untuk membuat nama pada jaringan wirelessnya dengan master interface si interface wlan1.


Lalu buatlah lagi 2 interface VAP lainnya dengan master interface yang sama yaitu interface Wlan1. Sehingga disini kita membuat 3 interface VAP yang nantinya bisa digunakan oleh orang yang mengakses. Jangan lupa di apply lalu ok.


Maka saat pengecekan di client, saat melihat jaringan Wifi, akan ada 3 VAP yang telah dibuat sebelumnya. Maka client dapat mengkoneksikan dirinya pada salah satu diantara 3 VAP yang dibuat. Namun tetap, walaupun si client konek ke salah satu VAP. Tetap saja seolah-olah client mengkoneksikan dirinya ke interface wlan1 di router.


Demikian penjelasan singkat tentang VAP (bukan F*AP" oke) semoga bermanfaat dan ilmu yang kita pelajari menjadi berkah. Sekian dari saya, saran dan komentar bisa diletakan dibawah. Thanx.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment