Monday, November 2, 2015

Virtualisasi Khusus Cisco - Cisco Paket Tracert

Assalamu'alaikum

Lanjut lagi pembahasan tentang virtualisasi. Kali ini dari sudut vendor yang terkenal ini. Siapa lagi kalau bukan, Cisco.. hehehe. Virtualisasi yang satu ini hanya menyediakan alat-alat jaringan dengan model cisco saja. Dengan virtualisasi ini akan membantu kita dalam mengkonfigurasi model cisco yang beraneka macam. Walaupun, ya.. alatnya bisa dibilang kurang lengkap dengan fitur-fiturnya. Untuk aplikasinya bisa di download di situs resmi cisco.

Tampilan Cisco Paket Tracer

Untuk tampilan aplikasinya cukup sederhana. Untuk alat-alat cisco semua serinya bisa dilihat pada sudut kiri bawah, sangat banyak jenis alat-alat yang dimiliki cisco. Semua perangkat tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Disebelah kanan tampilan terdapat tools untuk memnambahkan dekor atau fungsi-fungsi lainnya.

Intinya dengan aplikasi ini kita bisa membuat jaringan virtual dengan topologinya dan langsung serasa mengkonfig perangkat cisco sungguhan.

Test Membuat Jaringan dengan Switch

Untuk pengenalan konfigurasinya, kita akan melabkan jaringan menggunakan switch. Yang pasti, antar PC yang ada bisa ping. Untuk alat-alatnya bisa diambil dari perangkat cisco yang disediakan beserta PCnya. Untuk kabelnya, kita harus menggunakan kabel straight (beda perangkat). Jika ada yang salah kita bisa menghapus perangkatnya dengan menggunakan tools bertanda X. Ket :
  • Tanda yang berwarna (hijau dan oren) menandakan apakah interface atau port pada perangkat tersebut sudah aktif atau belum. Terdapat tiga warna yang memiliki fungsi tersendiri, yaitu :
    • Merah : Port tidak aktif, bisa jadi kesalahan konfigurasi (kabel) atau memang port belum diaktifkan.
    • Oren : Proses Menghidupkan Interface
    • Hijau : Interface hidup dan bisa digunakan.

Agar kedua PC dapat terhubung, kita harus memberi address pada PC. Caranya, klik pada PC untuk menyettingnya, lalu klik pada menu dekstop. Dan pilih Ip configuration untuk setting ip.
 

Disini saya menggunakan address yang mudah saya ingat, untuk PC1 saya menggunakan address 12.12.12.1/24 dan PC2 addressnya 12.12.12.2/24. Tampilan konfigurasi IPnya seperti tampilan berikut ini.
 

Jika kedua PC sudah dikonfigurasi IPnya, kita coba test ping. Caranya, klik pada PC yang ingin melakukan test ping. Lalu pada menu dekstop pilih command promp.
 

Lalu lakukan ping ke address lawan dari PC tersebut. Karena saya menggunakan PC2, maka saya akan ping ke PC1 dengan address 12.12.12.1. Jika hasinya reply, artinya antara kedua PC sudah dapat terhubung dan sudah bisa saling kirim data.
 

Cara lainnya untuk mengetest kirim data bisa menggunakan tools yang bergambar pesan (message). Klik pada pesan tersebut, lalu pilih dari mana dan kemana paket pesan akan di test. 
 

Demikian pengenalan sedikit mengenai virtualisasi network tentang tampilan cisco. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment