Friday, November 6, 2015

Project 2 NAN - Merubah Tampilan Hotspot

Assalamu'alaikum

Selamat malam, masih bersama saya melanjutkan lab hotspot yang sudah di konfigurasikan sebelumnya. Tidak hanya mengkonfigurasi hotspot, kita juga harus mengembangkan tampilan dari hotspotnya. Tujuannya jelas, untuk mempermudah informasi dan komunikasi. Bayangkan, hanya dengan tampilan saja, kita sudah terlihat bedanya yang manage jaringan yang baik dan mana yang buruk.

Letak Konfigurasi Html

Tampilan hotspot yang kita lihat, jelas memiliki html sendiri. Letak file htmlnya, jika dilihat dari winbox berada pada menu File. Dan seperti yang kita tau, file pada winbox tersebut juga bisa diakses melalui port FTP MikroTik. Isinya, ya sama saja. Untuk mengaksesnya, pastikan client sudah satu network dengan interface RB yang digunakan dan sudah dapat test ping. 

Jika sudah bisa, langsung saja akses FTPnya lewat windows explorer dengan mengetikan ip interface RB tersebut. Contoh : ftp://192.168.1.1. Dan juga untuk loginnya masih sama seperti login pada winbox. Jika masih default, gunakan login default.

Dan inilah file hotspot yang berbasis html tersebut. Untuk mengeditnya, copy saja filenya di data anda.


Mengedit Hotspot Html

Untuk mengeditnya, jelas skill html diperlukan disini. Jika anda, kurang mahir. Beberapa website menyediakan jasa setting html. Atau ada juga yang langsung memberikan html untuk login hotspot. 
 

Berikut contoh template yang saya dapatkan dari salah satu situs internet. Beberapa ada yang saya edit, jadi mohon maafkan saya. Disini juga bisa kita tambahkan tautan external laiinnya. Seperti yang saya konfigurasikan untuk bypass sebelumnya. Yaitu chat online. Sekedar tambahan dari saya, isi informasi yang diletakkan dsini adalah :
  • Daftar Paket beserta harganya
  • Kontak admin, biasanya untuk mempermudah client memesan paket
  • Layanan service, di bagian ini, kalian bisa mengadvertise atau memperkenalkan layanan apa saja yang kita sediakan seperti halnya server lokal yang kita miliki
  • Login Hotspot, jelas ini yang dibutuhkan 
  • Tautan external seperti halnya chat online.

Demikianlah penjesalan singkat mengenai tampilan hotspot. Semoga tips dan trik serta artikel ini membantu sekaligus bermanfaat untuk anda. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment