Saturday, November 7, 2015

Lab 20 MikroTik - Blok Situs Dengan Firewall Filter Rules

Assalamu'alaikum

Selamat sore dan salam networking. Di pertemuan kali ini kita akan membahas tentang blok situs. Masih ingatkah kalian tentang konsep firewall? Ingat, yang terpenting itu adalah, firewall berfungsi sebagai pengontrol paket data. Karena sebagai pengontrol paket data, kita juga bisa mengontrol paket data yang melewati router. Seperti client yang hendak menuju internet, kita sebagai si router bisa mengontrol mana yang boleh lewat dan mana yang tidak.



Topologi

Sekarang kita akan mencoba blok situs artinya paket yang lewat dari client tidak akan bisa melewati router, jika tujuan paket si client menuju situs yang router blok. Blok situs ini juga bisa berguna untuk memblok situs-situs yang tidak wajar (tanda kutip). Agar lebih mudah memahaminya bisa menggunakan konsep topology dibawah ini. Untuk situs yang diblok, kita akan coba menggunakan youtube.

Nslookup Ip Server

Untuk memblok situs youtube tersebut tidak langsung menulis nama dari situsnya, tapi kita akan memblok ip dari si situs tersebut. Jadi kita akan mencari tau ip dari si youtube. Untuk mencari tau ip yang digunakan youtube gunakan perintah nslookup pada cmd.

Konfigurasi Firewall Filter Rules

Lalu pada penambahan filter rules gunakan chain forward dan masukan ip dari si youtube ini. Ingat karena kita ingin memblok ip youtube ini, atau bisa dibilang kita ingin memberhentikan paket dari client yang menuju ip youtube ini. 


Selanjutnya, jangan lupa untuk memasukan semua ipnya tanpa ada pengecualian. Karena jika ada satu ip saja yang tidak di blok, situs youtube masih akan dapat terbuka. Dan pastikan semua ip youtube dilakukan ke chain forward dengan action drop.

Note : Ip yang youtube gunakan bukan Cuma satu ip. Namun ada banyak. Karena itu, jika kita hanya memblok satu ip, sedangkan ip youtube yang lain masih aktif, maka client akan menggunakan ip youtube yang lain (jalan ke dua) agar sampai di youtube. Ibarat jika menutup satu lubang dari 10 lubang pada ember yang bocor. Maka air yang berada pada ember tetap akan keluar dari 9 lubang yang belum ditutup

Pengecekkan

Maka saat pengecekkan di client, saat hendak membuka situs youtube. Akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Atau bisa saja, saat hendak membuka situs youtube, loading untuk membuka situs tersebut akan terus berputar tanpa henti. Jika sudah seperti ini, maka pemblokiran situs youtube telah berhasil dilakukan.

Update Video

Berikut saya sediakan video beberapa metode fitur mikrotik yang bisa di gunakan untuk blokir website yang ada di internet. 


Demikianlah perjumpaan yang singkat ini. Semoga pembaca berhasil memblokir situsnya. Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Sekian dari saya, kurang lebih mohon maaf. Saran dan pertanyaan silahkan masukan dikomentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment