Thursday, November 5, 2015

Lab 18 MikroTik - Firewall Logging

Assalamu'alaikum

Masih di lab firewall, kali ini yang dibahas adalah masalah logging. Firewall loging sendiri adalah suatu metode untuk merekam aktifitas pada firewall agar aktifitas tersebut masuk ke sistem log. Sistem log sendiri dapat dilihat pada menu Log.

Untuk memasukan aktifitas firewall kedalam log, kita bisa menyettingnya terlebih dahulu pada filter rules. Pengaturannya, pengaturan filter rules seperti apa yang ingin dimasukan ke log? Disini saya menggunakan chain input dengan protocol icmp yang akan masuk kedalam sistem log. Jadi setiap ada paket yang masuk ke router dengan pesan ping, maka aktifitas tersebut akan terekam pada log. 


Langsung saja buka filter rules pada menu Ip > Firewall. dan setting chain input dengan protocol icmp dan dengan action log. Isikan log prefixnya, Log prefix ini yang nantinya akan muncul pada log sebagai nama keterangan. Dan pastikan log harus di ceklist.


Maka saat hendak mengirim pesan ping ke arah router. Maka pada sistem log di router akan muncul pesan dari info firewall yang berketerangan diawali “pinger input”.  


Begitu singkat untuk dipelajari, tapi semoga bermanfaat untuk anda. Ambil manfaatnya buang sampahnya dan jangan ragu-ragu terhapat kuota anda. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih sudah berkunjung, datang lain kali.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment