Monday, November 2, 2015

Lab 18 Cisco - Etherchannel LACP

Assalamu'alaikum

Salam petang spesial dari saya, walaupun petang semangat mosting akan terus berjalan demi membuat karya spesial langsung dari saya atas kerja keras saya belajar semasa SMK selama tiga tahun. Semoga anda pada pembaca juga bisa terinspirasi atas setiap kata dan jejak dalam blog networking ini. Untuk materi, kali ini saya akan membawakannya dengan judul Etherchannel. Apa itu etherchannel? saksikan terus dan semoga artikel ini bermafaat untuk anda.

Pengertian

Etherchannel adalah suatu metode menggabungkan beberapa link yang sama seolah-olah menjadi satu link saja. Manfaatnya apa? Meningkatkan kinerja, Mempercepat Pengiriman Paket Data, dan juga Jalur Redudancy. Dalam Cisco, tanpa etherchannel, link-link yang memiliki jalur yang sama akan blocking karena mekanisme Spanning Tree yang sudah dibahas pada lab-lab sebelum-sebelumnya. Tipe etherchannel sendiri ada 2 yg akan saya bahas pada tulisan saya, yaitu : 
  • Etherchannel LACP (Open Standart)
  • Etherchannel PAGP (Cisco Proprietary)
Langsung saja mulai lab-nya. Berikut topologynya. 

Konfigurasi

Berikut cara mengkonfigurasi tipe L2 Etherchannel LACP. Pertama, kita jadikan mode active (untuk LACP) pada interface fast ethernet 0/1-3 pada kedua switch.

Switch1#conf t
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Switch1(config)#int ran fa0/1-3
Switch1(config-if-range)#channel-group 1 mode active
Switch1(config-if-range)#
Switch2#conf t
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Switch2(config)#int ran fa0/1-3
Switch2(config-if-range)#channel-group 1 mode active
Switch2(config-if-range)#
Setelah dijadikan mode active, kita jadikan mode trunk pada channel group yang tadi dibuat. Fungsinya sebagai penghubung antara interface range agar menjadi satu link dari tiga link tersebut. 
Switch1#conf t
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Switch1(config)#int port-channel 1
Switch1(config-if)#switchport mode trunk
Switch1(config-if)#
Switch2#conf t
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Switch2(config)#int port-channel 1
Switch2(config-if)#switchport mode trunk
Switch2(config-if)#

Verifikasi

Lalu lakukan verivikasi. Bisa terlihat port yang di pasang etherchannel adalah port fa0/1, fa0/2, dan fa0/3. 

Switch#sh etherchannel summary
Flags:  D - down        P - in port-channel
        I - stand-alone s - suspended
        H - Hot-standby (LACP only)
        R - Layer3      S - Layer2
        U - in use      f - failed to allocate aggregator
        u - unsuitable for bundling
        w - waiting to be aggregated
        d - default port


Number of channel-groups in use: 1
Number of aggregators:           1

Group  Port-channel  Protocol    Ports
------+-------------+-----------+----------------------------------------------

1      Po1(SU)           LACP   Fa0/1(P) Fa0/2(P) Fa0/3(P)

Dengan demikian berakhir sudah pertemuan kita kali ini dimateri Etherchannel LACP. Jumpa lagi dimateri selanjutnya dengan judul Etherchannel PAGP yang merupakan cisco propietary. Semoga anda suka tulisan saya dan semoga artikel ini membantu sekaligus bermanfaat untuk anda pada pembaca. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.
 

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment