Friday, November 13, 2015

Instalasi Perangkat PowerBeam Ubiquiti

Assalamu'alaikum

Selamat malam, Dimalam yang indah disebar hujan ini saya ingin memplublikasi material lagi. Kali ini dari bagian wireless, dengan judul instalasi perangkat powerbeam Ubiquiti. Seperti apa cara instalasinya? dan Apa saja yang harus di sediakan? Langsung saja, berikut materinya.

Persiapan

Belakangan ini, tugas semakin banyak dan saya pun kewalahan dengan list postingan yang harus di saya publikasikan untuk blog ini. Dan alasan saya mempublikasikan material ini dikarenakan alat wireless dari ubiquiti sudah turun dan saya penasaran untuk memplejarinya. Tidak hanya mempelajari, tapi juga membagikan hasil pengalaman yang saya dapatkan. Untuk memulai materi, persiapkan dulu alat perang perangkat ubiquity nya. Biasanya sudah satu peket.
  • Antena
  • Radio 
  • PoE + Adaptor
  • Pengunci antena dan radio

Membuka Pengait/Pengunci Radio

Yang pertama harus dilakukan adalah membuka wadah pengunci radionya. Tujuannya agar nantinya penguncinya bisa diletakan pada antena dan radionya juga bisa disatukan pada antenanya. Cara membukanya adalah dengan menekan kedua sisi pada pengunci.


Selanjutnya, tekan dan buka serta dengan menarik radio dari pengait. Sekedar tambahan pada pelepasan pengait ini, harap dilakukan dengan hati-hati. Tujuannya untuk menjaga keawetan barang yang masih baru.

Pemasangan Kunci Antena

Langkah selanjutnya adalah dengan meletakan pengunci pada antenanya. Gunakan alat yang terlihat pada gambar, lalu letakan pengunci sesuai pada lubangnya. Lalu kunci alatnya dengan memutar berlawanan dengan arah jarum jam untuk mengunci dan memperkuatnya agar tidak jatuh.


Lalu masukan pengunci pada radio sebelumnya pada antena dan pengaitnya. Caranya cukup letakkan saja si pengunci sesuai dengan lubang yang ada pada antena.


Setelah itu, tinggal masukan radio tadi pada lubang antena. Masukan sampai alat benar-benar terkunci dan tidak mudah terlepas.


Dan taraaa!!, Antena ubiquiti siap di konfigurasi dan di implementasikan pada jaringan yang kalian inginkan.

Adaptor + POE (Power Of Ethernet)

Lalu bagaimana cara menghidupkan antenanya? Kita bisa menggunkan adaptor yang disediakan pada paketnya. Adaptor ini memiliki dua port atau interface yaitu POE dan LAN. POE adalah port yang dapat menyalurkan daya listrik ke suatu alat. Karena itu POE dapat diarahkan ke Antena UBI dan port LAN diarahkan ke jaringan seperti router, switch atau langsung ke PC. 

Sedangkan cara mengkonfigurasinya adalah dengan meremote si antena dengan menggunakan Web Browser. Yang jelas, untuk meremotenya yang diperhatikan adalah settingan networknya. Seorang admin jaringan harus dapat memperhatikan settingan network untuk dapat mengkonfigurasikan alat ini.


Demikian penjelasan mengenai instalasi atau merakit alat PowerBeam Ubiquiti, semoga bermanfaat untuk anda. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.

5 comments:

  1. Assalamu'alaikum, bisa untuk nembak wifi corner wifi@id ndk? trim infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam, kalau untuk pointing alat ini bisa sangat bisa digunakan, namun tidak dianjurkan digunakan untuk menjadi akses point biasa. Kalau agan punya akses ke wifi@id nya pointing ke tempat agan pun juga bisa

      Delete
  2. yang mlengkung di atas bukan di bawah..tapi bisa sih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm yang melengkung yang mana ya gan? seharusnya sih itu sudah sesuai prosedur instalasi perangkat dan sudah dapat di operasikan di lapangan. Barangkali agan bisa titip link disini untuk pemasangan yang lebih pasnya

      Delete

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment