Thursday, October 1, 2015

Super Lab MikroTik Wireless 5 - Management Hotspot - Part2


Masih lanjutan dari lab sebelumnya, kali ini saya akan langsung menjelaskan cara memanagement konfigurasi hotspot. Management seperti apa yang harus dilakukan agar terciptanya balance (keseimbangan) konfigurasi. Berikut beberapa management yang bisa dilakukan pada konfigurasi hotspot. 

Memisahkan Kecepatan Rx/Tx User Tertentu

Pertama dari pertama, kita akan memanagement memisahkan kecepatan atau bandwidht yang diberikan untuk user tertentu. Untuk konfigurasi ini tergantung dari keinginan anda. Semisal disini kita akan membuat 2 user berbeda (manager dan staff), masing-masing user tersebut memiliki bandwidht yang berbeda. Manager 1mb sedangkan user staff setengahnya. Lalu bagaimana cara mengkonfigurasinya? 

Kita setting dulu user profilenya. Disini yang harus ditambahkan ada dua rule karena kita ingin membuat rule 1mb dengan rule 512kb. Yang terpenting dari rule yang ditambahkan adalah bagian rate limitnya.

Setelah itu kita masukan konfigurasi yang tadi pada penambahan user pada tab users di menu hotspot. Seperti yang diketahui dari contoh kronologi, masukan konfigurasi user profile sesuai dengan user yang ditambahkan. Contoh user manager masukan konfigurasi 1Mb dan begitu pula dengan user Staff.

Dengan begitu, settingan kedua user sudah dapat digunakan dan kedua user memiliki profil kecepatan masing-masing yang sudah diatur sebelumnya. Untuk mencoba login dengan user yang sudah dibuat tadi adalah dengan mengkoneksikan client ke AP yang sudah dibuat di lab sebelumnya, lalu akan langsung diarahkan ke login hotspot. Gunakanlah useryang dibuat tadi dengan passnya pada login ini
 

Dan inilah tampilan ketika kita berhasil login.
 

Bypass Suatu Perangkat

Jika ada perangkat yang ingin di bypass, atau langsung dapat terkoneksi dengan internet tanpa harus autentikasi hotspot. Caranya dengan menggunakan fitur ip binding pada menu hotspot. Berikut contoh bypass Mac suatu perangkat dengan settingan to address 12.12.12.99. Maksud dari konfigurasi ini adalah mac address yang bersangkutan akan di bypass dan di ubah addressnya menjadi 12.12.12.99

Walled Garden

Kita juga bisa membypass situs tertentu. Maksudnya, situs tersebut tidak di kenakan authentikasi dan kuota maupun settingan limit lainnya yang berkaitan dengan login hotspot. Sehingga situs tersebut adalah bonus dari hotspot yang kta sediakan. Semisal kita ingin membypass situs mikrotik, maka konfigurasi yang dilakukan adalah seperti gambar dibawah ini.


Dengan begitu, situs mikrotik akan langsung terbypass tanpa harus login hotspot.
 

Berbeda hal dengan situs-situs lainnya, maka ketika situs selain mikrotik dibuka akan langsung teredirect ke login hotspot. 


Demikian beberapa management yang dapat saya jelaskan semerinci mungkin. Semoga anda dapat memahaminya dan dapat mengkonfigurasinya. Sekian dari saya, kurang lebih mohon maaf. Saran dan pertanyaa silahkan masukan di komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment