Thursday, October 1, 2015

Super Lab MikroTik Wireless 5 - Hotspot Setup - Part1


Lanjut lagi dimalam yang sama, langsung saja kali ini saya akan menshare tentang konfigurasi hotspot. Dalam lab ini saya akan mengajarkan kepada anda-anda sekalian apa itu hotspot, bagaimana cara menyettingnya, lalu bagaimana cara memanagementnya. Untuk itu, dari sekilas spoiler yang saya sebutkan semoga menarik perhatian anda, dan akan tertarik untuk ikut mengkonfigurasi hotspot.

Pengertian Hotspot

Langsung saja dari pengertian hotspot. Apa sih hotspot itu? dilihat dari namanya, pasti tidak asing rasanya mendengarkan kata hotspot. Sebelumnya saya ingatkan, hotspot bukanlah sesuatu yang buruk (jadi jernihkan pikiran anda terlebih dahulu). Hotspot adalah suatu authentikasi dimana client yang ingin mendapatkan koneksi internet harus login melalui sistem hotspot. 

Sebagai contoh, kita ingin memasukan konfigurasi authentikasi pada sistem wireless kita, maka hotspot cocok untuk media authentikasi tersebut. Media yang digunakan hotspot untuk login adalah dari web browser. Biasanya, ketika kita hendak mengkoneksikan perangkat ke wifi yang ada hotspotnya, maka akan langsung teredirect (diarahkan) ke login hotspotnya.

Konfigurasi Internet

Untuk memulai konfigurasi hotspot, pertama-tama kita harus menyediakan internet untuk hotspot yang akan kita bagikan nantinya. Untuk settingan internet ini seharusnya kalian sudah tau. Seperti biasa konfigurasikan sajalah agar router yang memberi akses (pembagi internet), harus bisa terkoneksi ke internet terlebih dahulu. Settingan yang diperlukan, address (pasti), gateway (jelas bukan), dan dns (ya sudah mengerti lah).

Setting NTP Client

Pada settingan hotspot diperlukan waktu dan jam-jam untuk memanagement login setiap user. Namun, kita tau bahwa RB Mikrotik tidak memiliki batere CMOS untuk menyimpan konfigurasi jam. Sehingga setiap di restart, RB akan lupa waktu yang ditunjukan sekarang. Karena itu, kita harus menyetting ntp client terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar menyingkronkan waktu pada RB dengan waktu pada NTP Server yang kita setting.
 

Setting AP

Jika RB sudah memiliki waktu yang sinkron, dan sudah bisa terkoneksi ke internet, kita mulai konfigurasi APnya. Karena client hootspot yang mengakses tidak mungkin satu, maka kita jadikan multi point pada settingan wireless AP kita. Untuk SSIDnya terserah, namun gunakanlah SSID yang menarik pelanggan.

Setting Address + Setup Hotspot

Konfigurasi selanjutnya adalah setting address untuk interface wirelessnya. Untuk addressnya terserah, disini saya menggunakan network 12.12.12.0/24.


Jika sudah, kita setup hotspotnya pada menu IP>Hotspot lalu klik hotspot setup.
 

Jika sudah, masukan identitas konfigurasi untuk hotspotnya seperti langkah-langkah yang tertera pada gambar dibawah ini.
 

Dan begitulah singkat cerita mengenai setup hotspot pada mikrotik. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin buka usaha hotspot di kafe-kafe. Dan semoga beruntung dengan settingan hotspot mikrotik anda. Untuk managementnya bisa dilihat pada link berikut ini. Terima kasih sudah berkunjung, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment