Thursday, October 1, 2015

Super Lab MikroTik Wireless 4 - Wireless Enkripsi


Assalamu'alaikum

Salam sejahtera untuk kita semua, karena pada malam ini kita masih diberikan kesempatan untuk terus menuntut ilmu termasuk membaca postingan yang moga-moga berguna dan bermanfaat bagi para pembacanya. Melanjutkan dari lab sebelumnya, dalam lab ini masih berkaitan tentang konfigurasi keamanan wireless. Sesuai dengan judul, kita akan langsung melab kan wireless enkripsi.

Dilihat dari judul, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan wireless enkripsi? wireless enkripsi adalah suatu metode untuk menjadikan wireless memiliki sistem keamanan authentikasi. Sehingga ketika client login, akan melakukan tahap authentikasi terlebih dahulu. Tidak hanya itu, tahap authentikasi login ini akan di enkripsi sehingga paket data tidak mudah dilihat oleh orang yang melakukan sniffing. 

Konfigurasi WEP

Untuk keamanan enkripsi pertama kita akan mencoba konfigurasi WEP. Berdasarkan sejarah yang ada, enkripsi ini adalah enkripsi yang pertama dan merupakan enkripsi yang sudah pernah dan mudah di jebol (jika anda tau cara jebolnya). 

Untuk mengkonfigurasi WEP ini, kalian bisa membuka pada menu security profiles pada interface wireless. Setelah itu tambahkan rule baru seperti gambar dibawah ini. Untuk key yang digunakan adalah 40 bit WEP dengan sandi 10 digit angka (bebas).


Jika rule security profilenya sudah ditambahkan, sekarang masukan konfigurasi tersebut pada akses point. Tepatnya pada baris security profile yang sudah ditandai. Masukan sesuai dengan yang telah kita konfigurasi sebelumnya.
 

Hal inii juga berlaku pada client (station), seperti sebelumnya tambahkan konfigurasi security profile terlebih dahulu. Jika sudah ditambahkan, masukan konfigurasi tersebut pada settingan wireless station. Dan juga koneksikan router station kearah SSID AP.

Konfigurasi WPA/PSK

Setelah kalian mengerti konsep dari enkripsi WEP, sekarang kita akan coba beralih ke enkripsi wireless selanjutnya yaitu WPA/PSK. Konfigurasi enkripsi ini lebih aman ketimang dengan WEP. Untuk mengkonfigurasi WPA/PSK masih sama yaitu pada menu security profiles kitaa tambahkan rule baru. Untuk nama konfigurasi bebas, mode yang digunakan adalah dynamic keys. Sisanya bisa dilihat pada gambar dibawah.


Jika sudah dibuat rule security WPA/PSKnya, sekarang kita masukan konfigurasi tadi pada settingan Akses point.
 

Tidak hanya pada akses point, pada station yang ingin terkoneksi harus memasukan password login (authentikasi), jadi terlebih dahulu buat security profilnya lalu baru dimasukan konfigurasinya pada interface wlan1nya.
 

Demikian penjelasan singkat dari saya, kurang lebih mohon maaf dan semoga bermanfaat untuk anda. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment