Monday, October 26, 2015

Lab 15 MikroTik - NTP (Network Time Protocol)

Assalamu'alaikum

Selamat malam agan pria maupun agan wanita, berjumpa lagi dimalam ini bersama saya tentunya siapa lagi kalau bukan orang lain (ah sudahlah). Malam yang spesial ini saya akan membagikan materi yang spesial juga ya walaupun tidak spesial spesial amat. Lab selanjutnya di mikrotik yaitu tentang NTP. Saya bilang spesial karena ini materi penutup tentang konfigurasi basic pada mikrotik dalam daftar MTCNA. Lalu bagaimana isi materinya? berikut kilasanya.

Network Time Protocol

Lab yang akan kita bahas kali ini, adalah lab yang menyangkut-pautkan tentang waktu. NTP adalah suatu metode untuk mensinkronsasikan waktu, agar antar waktu dapat sama. NTP bekerja pada port UDP 123. NTP akan berguna bagi konfigurasi-konfigurasi selanjutnya seperti akses yang dibolehkan pada jam-jam tertentu.

Karena sebagian routerboard tidak memiliki baterai yang berfungsi untuk menyimpan waktu seperti pada pc-pc umumnya, maka saat routerboard di restart, waktu pada routerboad akan kacau dan tidak sinkon. Karena itu pada routerboad ntplah yang bisa digunakan router sebagai penyinkron waktu ke server NTP dan sebagai penyimpan waktu setiap kali routerboard di restart. Syaratnya, Router harus terkoneksi ke internet.

Setting Zona Waktu

Sebelum kita menyetting NTP, pastikan kalian terlebih dahulu terkoneksi ke internet dan terlebih dahulu kita setting zona waktunya. Pilih zona waktu sesuai dengan tempat waktu di daerahmu. Untuk menyettingnya bisa pada menu System > Clock. Pada clock juga bisa dilihat waktu dan tanggal yang sedang di gunakan. Hal ini bertujuan agar, saat sistem NTP di load, yang di load itu adalah zona waktu daerahmu.
 

Setting NTP Client

Setelah itu, karena kita ingin menyingkronkan waktu antara router dengan server NTP diinternet. Maka layanan yang digunakan adalah NTP client. Untuk menyettingnya bisa pada menu System > Ntp Client. Dan masukan primary ntpnya menjadi server NTP yang di tuju, seperti server NTP Indonesia. Masukan saja pada primary NTP “id.pool.ntp.org” (tanpa kutip) maka nama tersebut akan berubah menjadi ip setelah di apply.


Ket : Beberapa versi mikrotik terbaru, NTP client bukanlah hal yang familiar lagi. Sehingga ketika ingin menyetting ntp client, harus pada menu System > Sntp.

Bukti jika waktu pada router akan berubah menjadi waktu pada server NTP Indonesia, adalah pada log. Coba buka log dan pada time di log akan muncul perbandingan yang semula january (default) menjadi waktu desember (waktu sekarang) dan di keterangan di log akan ada aktifitas bahwa admin telah merubah arah parameter NTP.


Bisa dilihat lagi pada clock di menu system > clock. Waktunya akan berubah menjadi waktu terkini dengan tanggal terkini.


Dengan demikian lah perjumpaan kita berakhir disini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Saya admin, undur diri. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di kotak komentar. Arigatou

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment