Saturday, October 24, 2015

Belajar Peer To Peer Antar PC

Assalamu'alaikum

Selamat malam para reader. Malam kali ini, saya ingin menjelaskan beberapa materi dasar yang penting untuk dipelajari agar anda semua diharapkan bisa mengerti tentang jaringan komputer. Ya, kali ini saya akan share tentang peer to peer antar PC atau laptop. 

Setelah sebelumnya, kita sudah mengenal apa itu network, topologi, osi layer dan materi lainnya yang berkaitan dengan basic material. Tentu, kita harus memulai mempelajari dari hasil teori-teori yang disebutkan tersebut atau sering kita sebut praktek. Semoga agan penasaran dan menyiapkan alat tempur yang harus ada dalam praktek ini. Alat yang harus ada disini yaitu : 2 laptop dan media perantaranya yaitu kabel UTP.

Topologi dan Instalasi

Jika modal teori sudah terkumpul, langsung saja kalian tinggal ikuti topologi like this. Dua laptop tadi disambungkan dengan kabel UTP pada interface laptop atau port lan card. 

Setting IP (Alamat) Pada Kedua PC/Laptop

Selanjutnya, adalah mengkonfigurasi ip atau alamat. Ingat, materi sebelumnya. Syarat setiap perangkat dapat terhubung dan bisa saling kirim data adalah media penghubung dan alamat. Jadi, untuk dapat kirim data, setting dulu IPnya. Untuk menyettingnya mudah. Klik pada tombol seperti PC, lalu klik open network and sharing center.


Selanjutnya, klik pada interface / koneksi yang ada (koneksi dari kabel UTP yang kita colok). Di PC saya yang muncul adalah Local Area Connection klik pada interface tersebut. Maka pop up muncul, ditampilan tsb klik pada properties. Setelah itu, klik lagi di IPv4 karena kita ingin menyetting IP yang versi 4.
 

Setelah itu, isikan address terserah anda. Untuk mengisi address ini pastikan anda terlebih dahulu tau metode pengisian IP atau sering disebut teknik subnetting. Mengisi Ip seperti ini sering disebut IP Statik (Ngisi sendiri). 

Untuk konfigurasi ip disini saya mengunakan ip 192.168.1.1/24 pada laptop1. Jadi, untuk laptop2 saya akan menggunakan ip 192.168.1.2/24. Looh kenapa gitu? Harus satu network gans. Satu network itu apa? saya tidak menjelaskannya disini karena materi tersebut merupakan materi teknik subnetting yang sudah saya share sebelumnya. Jadi, jangan lupa untuk setting ip pada laptop2.
 

Mematikan Fitur Windows Firewall

Beberapa paket data, tidak bisa melewati windows firewall. Hal ini dikarenakan paket data tersebut diblokir ketika memasuki PC. Cara menghilangkannya adalah memanagenya paket data yang di allow atau mematikan windows firewall. Mungkin cara kedua lebih efektif, untuk memtikannya buka control panel dan pilih windows firewall. Setelah itu, pilih turn windows. Di pop upnya, turn offkan semua fitur windows firewall baik itu private maupun publik.
 

Test Ping Dengan CMD

Langkah terakhir adalah pengetestan menggunakan CMD. CMD bisa dibuka melalui fitur search pada windows atau juga bisa menggunakan windows run dengan shortcut windows (ctrl+r) lalu ketikan cmd dan enter. Ditampilan cmd, kita ketikkan perintah ping <address>. Disini saya test ping dari laptop dua (192.168.1.2) dengan menggunakan perintah ping 192.168.1.1 (ke laptop1).


Begitulah sekiranya materi dasar yang ingin saya sampaikan. Semoga materi ini bermanfaat untuk anda. Kurang lebihnya mohon maaf, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment