Friday, August 28, 2015

Lab 7 Cisco - Mac Address Static Di Switch Cisco

Latar Belakang

Seperti yang sudah dipelajari di konsep dasar network, switch secara dynamic, setiap mac address yang melewati switch didalam sebuah paket data, akan dicatat dan di simpan di tabel mac address yang switch miliki. Switch memiliki table mac address karena switch merupakan perangkat yang bekerja pada layer 2. Ingat!! Layer dua hanya bisa mengenal mac address. 

Switch L2 tidak mengenal yang namanya ip. Karena itu, setiap paket data yang berisi ip address pada alamat paket datanya, akan dikirim ke semua host (broadcast), untuk mencari tau alamat ip milik siapa? Perangkat yang merasa paket tersebut untuk ipnya akan mereply. Saat mereply, host tersebut memasukan alamat mac dan ipnya pada paket reply tersebut. 

Sehingga pada saat paket melewati switch, mac address host penerima (yang mengirim reply) akan dicatat dan disimpan pada table mac address switch. Ingat!! Setiap paket data yang ingin dikirimkan, akan di beri alamat asal mac address dan ip addressnya (Arp Address). 

Topologi

Selain itu, kita bisa mencatat mac address setiap host pada switch secara static. Artinya, kita bisa memasukan alamat mac address setiap perangkat agar perangkat tersebut sudah dapat dikenal. Membuat mac address secara static akan memungkinkan kita untuk mempertahankan tabel mac address. Sehingga, tingkat broadcast dapat diminimalisir. Untuk mengkonfigurasi static mac address, gunakan topology berikut. 
Langsung saja kita konfigurasi topology tersebut. Pertama tambahkan mac-address Pc1 pada tabel mac address. Ingat!! Pc1 masuk kedalam interface fa0/1.

Switch#conf t
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Switch(config)#mac-address-table static 00E0.F958.E252 vlan 1 interface fa0/1
Switch(config)#
Setelah itu, konfigurasi mac address milik PC2 yg berada pada Fa0/2 switch

Switch#conf t
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Switch(config)#mac-address-table static 0001.6399.4912 vlan 1 int fa0/2
Switch(config)#
Pada konfigurasi terlihat bahwa adanya settingan vlan 1. Vlan1 ini merupakan default. Maksudnya, setiap interface pada switch memiliki vlan default dan default tersebut adalah vlan1. Saya menyetting mac address static pada vlan1 dikarenakan banyak interface yang terkoneksi dengan vlan ini.

Jika settingan diubah kearah vlan2 atau lainnya, maka interface tersebut akan di pisah/dikelompokan ke vlan tersebut. Sehingga host yang berada pada interface tersebut tidak bisa berhubungan dengan vlan1. Jika mac address static sudah dikonfigurasi, tinggal pengecekkan tabel mac addressnya. Gunakan command dibawah ini. 

Switch#sh mac-address-table
          Mac Address Table
-------------------------------------------

Vlan    Mac Address       Type        Ports
----    -----------       --------    -----

   1    0001.6399.4912    STATIC      Fa0/2
   1    00e0.f958.e252    STATIC      Fa0/1

Switch#

Demikianlah penjelasan mengenai settingan mac address static statik di cisco. Semoga bermanfaat untuk anda. Sekian penjelasan dan pertemuan singkat ini, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment