Thursday, August 27, 2015

Lab 6 Cisco - Menyimpan dan Menghapus Konfigurasi


Selamat datang kembali di lab 6 cisco. Salam hangat malam spesial dari saya yang akan menjelaskan materi cisco dasar selanjutnya. Kali ini saya hendak menjelaskan materi tentang cara menyimpan dan menghapus konfigurasi di cisco. Bagaimana cara mengkonfigurasinya? dan apa fungsinya? Let's kita ngoprek.


Dalam sistem cisco, jika kita tidak menyimpan konfigurasi maka akan hilang ketika shutdown maupun reboot. Karena itu, setiap saat usahakan menyimpan konfigurasi yang ada. Untuk menyimpan bisa menggunakan perintah :

Switch#copy running-config startup-config  | Atau
Switch#write   
Pada lab1 saya telah menjelaskan tentang RAM dan NVRAM. Setiap sintaks yang di konfigurasikan akan masuk kedalam RAM (running config). Namun konfigurasi tersebut tidak akan masuk kedalam NVRAM (start-up config).

Dan juga RAM berfungsi hanya sebagai pemroses, tidak menyimpan secara permanen. Itulah sebabnya, kenapa saat sistem perangkat dimatikan atau reboot semua konfigurasi akan hilang. Karena itu, kita harus menyimpan konfigurasi dengan cara mengkopi data pada RAM (running-config) ke NVRAM (start-up config).

Lanjut lagi. Jika menggunakan perintah “copy run start” maka saat menyimpan jangan di ubah namanya. Biarkan nama filenya tersebut “startup-config”.

Switch#copy run start
Destination filename [startup-config]?  | File jangan diisi, tekan enter
Building configuration...
[OK]
Switch#
Maka, setiap konfigurasi yang telah di setting akan masuk ke dalam startup-config. Selain itu, kita juga bisa menggunakan perintah “wr”. Perintah ini akan lebih mempermudah ketimbang perintah “copy run start”.

Menyimpan konfigurasi sudah di lakukan. Ketika hasil simpanan konfigurasi sudah masuk didalam memory, kita bisa menghapus konfigurasi tersebut jika memang tidak ingin di simpan. Untuk menghapus konfigurasi bisa menggunakan perintah :
Switch# Write erase     
Switch# delete flash: <filenya>
Switch# no <konfigurasi>
Jika memang berniat menghapus startup-config bisa menggunakan konfigurasi “wr era” hal ini akan menghapus semu konfigurasi yang terletak pada startup-config.

Switch#wr era
Erasing the nvram filesystem will remove all configuration files! Continue? [confirm]
[OK]
Erase of nvram: complete
%SYS-7-NV_BLOCK_INIT: Initialized the geometry of nvram
Switch#
Namun dengan kita menggunakan “wr era” otomatis yang terhapus adalah file startup-config. Karena itu file startup-config akan terhapus dengan sendirinya. Karena file running-config masih ada, maka konfigurasi masih akan berjalan. Karena itu kita harus merestart sistem agar running-config berhenti berjalan.

Gunakan perintah “reload” untuk merestart sistem. Setelah sistem reboot, otomatis suluruh konfigurasi akan musnah baik dari file startup-config maupun file running-config.



Selain menggunakan perintah “wr era” kita juga bisa menggunakan “delete flash:” tujuannya untuk menghapus file yang terletak pada flash. Ada juga yang hanya menghapus running-config. Biasanya perintah menghapus running-config terjadi karena salah config atau sebagainya.

Untuk itu kita bisa gunakan perintah “no” pada mode yang salah konfig tersebut. Perintah “no” ini sendiri harus di tambahkan dengan konfigurasi yang salah tersebut. Semisal seperti ini.
Router#conf t
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Router(config)#int fa0/1
Router(config-if)#ip addr 5.5.5.5  255.255.255.0
Router(config-if)#no sh

Router(config-if)#
%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/1, changed state to up

Router(config-if)#no ip addr 5.5.5.5  255.255.255.0
Demikian penjelasan mengenai cara menyimpan dan menghapus konfigurasi di cisco, semoga bermanfaat untuk anda. Sekian dari saya, sampai berjumpa lain waktu. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar, terima kasih.

2 comments:

  1. Terimakasih atas infonya gan.
    Praktekjaringanlan.blogspot.com memberikan beberapa tutor pengkonfigurasian beserta dengan gambar

    ReplyDelete

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment