Saturday, August 22, 2015

Lab 10 MikroTik - Backup & Restore


Salam sabtu pagi, kali ini saya ingin coba membahas backup dan restore. Apa itu backup dan restore? Seharusnya kalian sudah mengetahuinya. Langsung saja materi kita mulai.



Backup Dan Restore

Lanjut lagi, ke lab 12 backup dan restore. Apa sih backup dan restore itu? Backup adalah suatu metode untuk menyimpan data yang difungsikan sebagai cadangan agar jika ada suatu kesalahan pada sistem entah itu error atau terkena virus. Sedangkan restore sendiri adalah metode untuk mengembalikan data yang telah dibackup tadi agar sistem yang berjalan mengikuti sistem-sistem yang sebelumnya digunakan.

Konfigurasi

Mulai ngebackupnya, langsung saja dibuka winboxnya. Setelah itu buka menu files disitu terdapat perintah untuk backup dan restore. Untuk membackupnya, cobalah buat beberapa konfigurasi dulu (contoh setting ip). Lalu coba kita klik backup pada menu file list tersebut.


Maka pada file list akan muncul file backupan. Di file tersebut ada semua konfigurasi yang telah disetting. Dalam hal ini file yang baru dibackup memiliki nama yang random (acak) sesuai dengan nama router identity-nya. Ada cara supaya file backupan tersebut bisa diberi nama, yaitu mnggunakan mode CLI. Perintah untk membackup filenya yaitu : 
[admin@alfa] > system backup save name=backup_data 

Lalu pindahkan file backupan tadi ke pc dengan cara drag & drop.


Note : beberapa versi mikrotik, saat hendak membackup menggunakan GUI bisa diberi nama dan password.

Semisal ada router lain, dan router tersebut masih terkonfigurasi secara default. Kita bisa langsung mencoba hasil konfigurasi dari router yang sebelumnya telah di backup dengan cara meretore ke dalam router yang baru tersebut. Cara merestorenya adalah dengan memindahkan file backup (yang telah dipindah ke pc tadi) ke file list pada mikrotik. 


Setelah file yang dikopi tadi sudah masuk di file list pada mikrotik, tinggal klik pada file tersebut dan klik restore. Maka semua konfigurasi pada router sebelumnya akan muncul pada router yang baru tersebut.

Update

Untuk tutorial lebih jelasnya bisa cek di video yang sudah saya siapkan berikut ini guys. Atau bisa cek di link berikut ini.


Demikian penjelasan tentang backup dan restore konfigurasi mikrotik, semoga bermanfaat untuk anda.. Untuk lab mikrotik yang akan datang, saya akan menjelaskan konfigurasi export dan import. Apakah export dan import tersebut? Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment