Saturday, August 29, 2015

Instalasi NxD - Server Diskless

Assalamu'alaikum

Kabar gembira untuk kita semua, karena hari ini saya ingin menjelaskan materi baru yang dikhususkan untuk project saya. Walaupun materinya ga seberapa, tapi semoga bermanfaat untuk anda. Oke kita mulai, sebelumnya ada yang sudah tau apa itu diskless? kalo belum tau, mari kita mulai bergabung ke pembelajaran. 

Pengertian Diskless 

Sesuai dengan namanya, diskless yang dinamai dengan bahasa inggris ini berarti menggunakan sedikit media penyimpanan. Disk seperti yang kita tau, layaknya harddisk atau media penyimpanan lainnya bisa kita hemat. Seperti apa? 

Lebih lanjutnya, diskless adalah suatu metode untuk menghemat harddisk dengan cara cukup menggunakan satu harddisk di server dan client cukup mengakses harddisk yang disediakan server menggunakan media network. Artinya client tidak akan booting melalui harddisknya sendiri, tetapi melalui network card/LAN card untuk mengambil sistem operasi yang sudah di letakkan di server diskless.

Untuk menggunakan diskless, kita bisa menggunakan berbagai cara. Ada yang menggunakan aplikasi ada juga yang menggunakan langsung dari OSnya seperti OS NxD ini yang memang dikhususkan untuk rancangan sistem diskless.

Instalasi OS NxD

Ga perlu, banyak basa basi yang nantinya bisa basi. Langsung saja, kita mulai install OS Nxdnya. Untuk versinya saya menggunakan versi 7.0 dan OSnya bisa didownload sendiri di situs-situs yang menyediakan OS NxD. Berikut link yang sudah saya siapkan untuk ISO NxDnya. Klik disini untuk mendownload Iso

Langsung saja, sebelum memulai pastikan anda membaca do'a dan hal pertama yang perlu disiapkan adalah ISO untuk menginstall. Menginstall di virtual atau real itu terserah anda. Berikut ini adalah tampilan saat mulai menginstall.

Setup Linux

Jika anda mulai menginstall tampilan akan seperti gambar berikut. Untuk virtualisasinya, Os ini termasuk jenis Linux Ubuntu. Hal pertama saat memulai penginstallan adalah setup awal. Cukup klik setup lalu install adalah hal yang mudah bukan?

Install Driver Fungsi

Langkah berikutnya adalah pengsintallan driver. Sesuaikan dengan spek driver yang anda miliki lalu klik ok. Agar mempermudah penginstallan, cukup memilih pilihan auto.

Pemilihan Disk dan Partisi

Setelah itu, akan ada pemilihan disk. Dalam hal ini disk yang digunakan, adalah disknya langsung (hda). Untuk pemilihan partisinya, tidak usah repot-repot cukup klik auto lalu klik yes.

Source Instalasi

Langkah ke empat adalah settingan source instalasi. Hal ini, tergantung dari mana source-source bahan instalasinya. Karena saya menginstall menggunakan CD, maka pemilihan saya menggunakan CDROM.

Peletakkan Partisi

Setelah itu akan muncul tahap peletakkan partisi. Gunakan mode installasi default. Jadi, cukup klik ok lalu klik ok.

Setting Default Kernel dan Hostname

Untuk default kernel klik yang ada saja, dan hostname cukup dengan nama yang sederhana tapi memiliki makna yang luar biasa :D walaupun default juga tak apa. 

Setting Interface Card

Langkah selanjutnya adalah menyetting Interface card agar bisa digunakan di OS NxDnya. Untuk settingan ini cukup klik ok karena disini saya hanya memiliki satu NIC Card.

Setting Address Interface

Setelah setting interface card, langkah berikutnya adalah setting address untuk interface tersebut. Address-address yang perlu disetting adalah address interface, gateway (arah address ISP/Internet), dan DNS (agar bisa buka google). Dalam hal ini, saya sarankan anda menggunakan statik address dan juga saya sarankan agar anda menyetting address pada tahap ini, dikarenakan penyettingan address pada sistem OSnya belum di ketahui.

Dalam hal ini, saya menyetting address sesuai dengan address yang digunakan dalam implementasi tugas project warnet saya dkk. Address yang saya gunakan adalah address 18.18.18.2 sesuai dengan topologi.

Pemilihan Bahasa Konfigurasi

Setelah itu ada pemilihan bahasa konfigurasi. Gunakan bahasa yang anda mengerti dalam pilihan yang ada. Akan lebih bagus jika anda menggunakan bahasa china :v

Server Package, Netzone, dan Server Mode

Selanjutnya settingan server packagenya. Untuk packagenya gunakan versi paling terbaru seperti gambar dibawah lalu netzonenya juga di setup, klik yes lalu pilih direktori defaultnya dan terakhir modenya boot server.

Proses Akhir Instalasi

Berdasarkan pengalaman instalasi yang saya lakukan saya mengalami masalah pada proses yang satu ini. Biasanya pada saat instalasi NxD akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini. Yaitu tampilan pemilihan server package kambali. Jika tampilan berikut muncul, cukup klik cancel untuk melanjutkan ke tahap final instalasi

Jika sudah semuanya, maka proses instalasi sudah berakhir dengan munculnya tanda seperti gambar dibawah ini. Hal ini menunjukan bahwa OS anda segera reboot. Jika sudah seperti ini, cabut CDROM lalu klik ok untuk merestart sistem NxD.


Setelah itu, sistem akan hidup kembali dan proses memasuki proses boot loader. Diamkan saja, maka sistem akan booting seperti seharusnya.


Dan inilah tampilan booting dari sistem OS NxD.Saat booting selesai mode yang tertera adalah CLI. Agar lebih mempermudah dan mempecantik tampilan, gunakan mode GUI dengan cara login sebagai root, lalu ketikan perintah X pada konfigurasi CLI-nya.
 
 
Otomatis, sistem akan langsung berpindah mode menjadi GUI. Dengan tampilan ini, kita akan lebih dimudahkan dalam berkonfigurasi. Dan berikut contoh SS dari tampilan desktop OS NxD.


Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Salam perpisahan dari saya, jangan ragu tuk datang lagi. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di kometar. Terima kasih.

3 comments:

  1. ada contact person bang, mau tanya2, sy mau bangun warnet diskless mulai dr nol, dan sy sm sekali ga paham IT dn jaringan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kontek lewat facebook, add saja saya kasih tau kenal lewat blog. nanti saya confirm :D

      Delete

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment